days

Pusing ga belajar bahasa baru? – Dsy

Kalau pertanyaan ini saya ajukan untuk diri sendiri 10 atau 15 tahun yang lalu, saya akan menjawab bahwa saya sama sekali ga pusing, terutama ketika saya belajar bahasa Inggris kala belia dulu (langsung berasa tua, hehe..)
Tapi jika ditanya sekarang, saya akan langsung menunjukkan ekspresi khas saya ketika belajar bahasa Jepang (kening berkerut, pandangan kosong, mendadak bego)

Entah karena kedua bahasa ini secara konsep sudah berbeda, atau karena motivasi saya belajar yang berubah, entah karena dulu otak saya masih fresh, ataukah ada penyebab lain yang membuat keadaan dulu dan sekarang berbeda..

Dulu belajar bahasa Inggris, saya masih anak-anak, percaya diri masih tinggi, saya masih suka tahan malu walaupun saya berbahasa Inggris yang hancur-hancuran..
Sekarang belajar bahasa Jepang terasa sangat sulit, selain kemampuan otak saya yang mungkin sudah menurun, saya juga tidak senekad dulu, percaya diri saya makin menipis..

Kendala paling parah yang saya alami sekarang adalah kekurangan rasa percaya bahwa saya mampu..

Saya berada di posisi memahami hampir semua grammar dasar bahasa Jepang, hidup di lingkungan berbahasa Jepang nyaris 24 jam tiap hari, saya belajar bahasa Jepang sudah 2 tahun, saya mengerti hampir semua aturan perubahan kata dalam bahasa Jepang, yang jujur saja, amat sangat banyak dan rumit..
Dan anehnya, dengan kemampuan itu, saya masih sama sekali belum sanggup berbicara dengan bahasa ini. Saya mendadak gagap dan kehilangan semua kosakata di kepala saya (padahal kosakata yang ada di kepala ini juga tidak banyak, hehe)..

Satu yang saya tau, saya melupakan banyak kosakata, kehilangan rasa percaya diri, adalah karena saya tidak pernah mau mencoba, itu salah saya..

Mungkin setelah tau dengan apa yang salah dengan otak saya dan bahasa ini, saya akan sedikit berusaha memperbaiki diri, agar nanti saya benar-benar memahami bahasa ini, dalam segala bentuk.

Sapporo, 11 Januari 2013

Deasy,
yang suka banget cas-cis-cus berbahasa Jepang secara sembunyi-sembunyi dan mendadak gagap kalo berhadapan dengan orang Jepang asli😀

Leave a Reply

