future, heart

Jodoh – Dsy

Akhir-akhir ini saya termasuk intens membahas tentang jodoh.
Selain saya sedang berada diposisi menimbang untuk masa depan, kemudian bertemu dengan teman-teman pengajian yang sudah mulai membicarakan tentang jodoh secara terbuka pada saya yang masih single, juga dosen-dosen yang mulai blak-blakan bicara tentang jodoh dengan saya.
Dulu mungkin bahasan jodoh masih jauh dari saya, masih sebatas saya pengamat di luar lapangan. Masih sebatas saya mendengar kisah orang-orang sekeliling saya, tanpa berpikir saya akan menjadi salah satu dari mereka.

Sekarang ceritanya saya sudah masuk arena😀
Ceritanya saya sudah dalam posisi, berpikir.

Di pengajian minggu lalu, ibu-ibu pengajian sudah mulai blak-blakan dengan saya, mengingatkan urgensi dari menikah. mengingat saya yang betah tinggal sendirian di rantau, hampir rampung studi tapi masih santai dan menikmati jadi single fighter..

Pun dengan dosen, yang jika dulu menganggap saya anak-anak, sekarang mungkin sudut pandangnya sudah berbeda. Sudah wajar rasanya jika kami berbicara serius tentang jodoh atau pernikahan🙂

Saya yang sekarang, wanita, dewasa, 27 tahun, hampir menyelesaikan studi S2, dan masih sedang berniat untuk melanjutkan S3, maka siapapun berpikir, sudah saatnya saya memikirkan tentang menikah secara lebih serius, sebelum saya terlanjur nyaman dan lupa pada kewajiban yang satu itu.

Ya, menikah itu kewajiban. Takdir setiap orang adalah berpasangan. Dan saya bergidik kadang membayangkan diri saya menjalani hal seserius ini. Tapi saya tau ini serius🙂
Dan ya, saya memikirkan dengan serius😀

Dan otak saya masih menyimpan banyak pertanyaan tentang jodoh dan pernikahan. Seperti biasa, saya suka bertanya dan mencari jawaban kemana-mana.

Sore ini, saya mengajukan salah satu pertanyaan itu pada dosen saya, berharap mendapat jawaban, penjelasan, mungkin pencerahan

Pertanyaan saya :

Jodoh itu sebenernya udah ada dan tinggal kita tunggu waktu? Atau, kita bisa milih tergantung lobby kita sama Allah?

Tentu pertanyaan ini saya ajukan karena terpicu keadaan saya, hehe, yang sedang bingung, apakah saya menunggu saja jodoh dari tuhan, atau bolehkah saya request lelaki yang saya inginkan

Begini jawaban dosen saya,
“saya cenderung memahaminya ibarat suatu fungsi tertentu.. Jika kita memasukkan angka akan keluar hasil.. Usaha, pilihan kita, itulah angkanya… Dan fungsi tertentu itu adalah pemberian Allah…”

Yah, begitu kira-kira, hehe, kalau orang yang biasa berurusan sama fungsi-fungsi dalam fisika atau matematika dan teknik, pasti mengerti jawaban ini..

Bahwa Allah tentu saja punya andil besar, memberi pola atau rumusan untuk hidup kita. Tapi kita bukan pihak yang di posisi pasrah sepenuhnya..
Karena dalam fungsi atau rumus itu, ada variabel yang diberikan tuhan, namun juga ada variabel yang angkanya kita yang menentukan..

Dalam hal ini, jika saya memberikan suatu value atau usaha, dengan fungsi yang ada saya akan mendapatkan hasil A

Dan jika saya mengubah value atau usaha 2 kali semula, bisa jadi fungsi yang sama akan memberikan saya hasil 2A

Itu jawaban untuk pertanyaan saya kali ini,

Dan saya masih punya banyak list pertanyaan, masih mengajukannya pada banyak orang, dan sedang mengumpulkan jawabannya. Demi menjawab dan mengurangi sedikit tanda tanya kepala saya.
Saya akan terus bertanya, hingga saya sedikit memahami, hingga nanti saya akan berada didalamnya, mempunyai jawaban versi saya sendiri.

Demikian kuliah singkat sore ini, kita sambung di sesi selanjutnya🙂

Sapporo,
21 Februari 2013

Deasy, yang mau mengakrabkan diri dengan diri sendiri dan tuhan, biar punya ‘angka’ yang bagus, dan agar ‘fungsi’ pemberianNya bisa memberikan hasil terbaik ^^

Leave a Reply

